Hak siar kisruh, Persib terancam kehilangan pendapatan Rp522 juta

BANDUNG (bolajabar.com): Persib Bandung terancam kehilangan pendapatan dari hak siar lantaran kisruh stasiun televisi yang memegang lisensi siaran belum jelas.

Jika mengacu pada kompetisi musim lalu, Persib mendapat jatah siaran langsung saat bermain di kandang sebanyak 14 kali. Dari 14 laga itu, rata-rata Persib mendapat royalti Rp20juta untuk pertandingan biasa dan Rp25 juta untuk pertandingan yang dianggap big match seperti Persib vs Persija Jakarta.

Jika dirata-ratakan, Maung Bandung mendapat Rp23 juta per siaran langsung, sehingga musim lalu Persib mendapat pemasukan sedikitnya Rp322 juta.

Dengan kondisi musim ini yang memiliki 24 tim kontestan, Persib berpotensi kehilangan pendapatan hingga Rp522juta, itu pun kalau royalti masih mengacu pada musim lalu.

PSSI sendiri masih terlibat sengketa dengan ANTV selaku pihak yang mengklaim menjadi televisi yang paling berhak untuk mendapatkan hak siaran langsung Indonesia Premier League (IPL) 2011/2012.

ANTV sendiri sudah menjadi tv partner resmi kompetisi tertinggi di Indonesia sejak 2007, dan dalam klausuk perjanjian dengan PSSI, ANTV berhak diprioritaskan mendapatkan hak siar selama 10 musim senilai Rp100 miliar dimulai sejak 2007.

Namun belakangan, tersiar kabar PSSI menandatangani kesepkatan MoU dengan MNC Group sebagai pihak yang berhak mendapatkan hak siar, dengan alasan berani membayar kompensasi lebih tinggi.

Kondisi tersebut membuat Persib dan tim lain belum menerima kejelasan soal mekanisme pembayaran dan besaran royalti pertandingan kandang musim ini

Ketua Panitia pelaksana (Panpel) pertandingan Persib Bandung Risha Adi Wijaya mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima kejelasan mengenai tv partner kompetisi Indonesia Premier League (IPL) 2011/2012.

“Jangankan satu musim, royalti untuk pertandingan pembuka liga antara Persib Vs Semen Padangpun belum mendapat kepastian,” kata Risha.(fsi)

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>