FINAL LIGA CHAMPIONS: Robben Pahlawan Bagi Munchen

LONDON-Aksi brilian Arjen Robben sukses mengantarkan Bayern Munchen sebagai jawara Liga Champions musim ini setelah menekuk Borussia Dortmund 1-2 di partai puncak Liga Champions di Wembley, Minggu (26/5) dinihari WIB.

Gelar yang diraih tim besutan Jupp Heynckes itu merupakan kelima kalinya di Liga Champions.

Sepasang gol Munchen dipersembahkan Mandzukic dan si pahlawan Robben di paruh kedua. Sedangkan “Si Kuning” hanya bisa membalasnya lewat penalti Gundogan.

Jalannya pertandingan pada paruh pertama banyak tercipta peluang yang dilakukan oleh kedua kesebelasan. Meski begitu, Dortmund jauh lebih mendominasi.

Di menit 13, striker Borussia Dortmund Lewandoskimelepaskan tembakan terarah dari luar kotak penalti, sayang peluang gol tersebut masih bisa ditepis kiper Munchen, Neuer.

Tiga menit kemudian, Neuer kembali melakukan penyelamatan gemilang. Kali ini dia menghalau tendangan mendatar Blaszczykowski.

Di menit 18 gelombang serangan yang dilancarkan oleh Dortmund kembali terjadi. Kali ini lewat aksi Reus yang sukses melepaskan tembakan kerasnya yang masih bisa dihalau Neuer.

Di menit 26, Munchen mendapatkan peluang pertamanya mencetak gol lewat Mandzukic. Sayang, sundulannya masih bisa ditepis kiper Weidenfeller.

Tiga menit kemudian, Robben yang tinggal berhadapan dengan kiper Weidenfeller gagal memaksimalkan peluang menjebol gawang lawan.

Di menit 35, giliran Lewandowski yang gagal menaklukan penampilan gemilang kiper Neuer. Tendangannya masih bisa diatasi dengan mudah.

Dua menit jelang babak pertama usai, Robben kembali memiliki peluang emas saat ia sudah berhadapan dengan kiper, sial sepakannya malah membentur wajar Weidenfeller, skor bertahan kacamata alias 0-0.

Di paruh kedua tepatnya menit 59 papan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan FC Hollywood berkat sepakan Mandzukic. Berawal dari aksi brilian Robben yang memberikan matang dari sudut sempit ketika berhadapan dengan kiper ke tengah kotak penalti.

Madzukic yang tak terkawal dengan mudah menceploskan bola yang gagal diantisipasi oleh dua pemain belakang Dortmund.

Di menit 67, Dortmund berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat titik putih setelah Dante melakukan pelanggaran. Gundogan yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan misinya.

Lima menit kemudian Dortmund nyaris kembali kebobolan andai Subotic tidak melakukan penyelamatan gemilang dengan membuang bola yang sudah hampir menyentuh garis gawang.

Ketika dua menit paruh kedua usai, Robben sukses antarkan kemenangan bagi Die Roten berkat aksi skillnya yang mumpuni dalam mengecoh pemain lawan. Berawal dari back pass Ribery di kotak penalti, Robben melewati dua bek sebelum menaklukan kiper, skor 1-2.

Tambahan waktu tiga menit pun gagal menghasilkan tambahan gol bagi kedua tim. Dengan demikian, Munchen berhak menjadi menyandang gelar kelimanya sebagai jawara Liga Champions setelah sebelumnya sukses di 1974, 1975, 1976, 2001.

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>