INGGRIS VS IRLANDIA: Misi Saling Terkam

(reuters)

LONDON–Siap menerkam. Begitu aroma yang melingkupi laga uji coba antara Inggris kontra Republik Irlandia yang digelar di stadion Wembley pada Kamis dini hari WIB.

Asosiasi sepak bola Inggris (FA) mengimbau kepada seluruh pendukung dari masing-masing tim untuk tidak menyanyikan sejumlah lagu bernuansa ofensif selama pertandingan berlangsung, sebagaimana dikutip dari AFP.

Inggris tak pernah lagi menjamu Irlandia di Wembley sejak laga kualifikasi Piala Eropa pada Maret 1991. Torehan sejarah kekerasan antar dua negara ikut terbawa-bawa di ajang sepak bola. Tidak jarang terdengar nyanyian bernada ofensif, antara lain  bertajuk (“tidak menyerah”, dukungan bagi IRA).

Dengan dukungan dari 10.000 warga Irlandia yang siap menyerbu Wembley, FA kemudian mengirim email kepada seluruh suporter Inggris agar senantiasa menjaga perdamaian. Tanggapan atas segala nyanyian yang bersifat ofensif justru mengundang reaksi balik.

Manajer timnas Inggris, Roy Hodgson dalam email yang dikirimkan kepada fans menulis, “Saya mengimbau kepada seluruh suporter untuk menghormati tamu kita dan menyambut mereka dengan cara yang santun.”

“Wembley dikenal dunia  sebagai ‘rumah dari sejarah sepak bola’, dan kami meminta mereka untuk tidak ikut serta bernyanyi, khususnya lagu-lagu bernuansa keagamaan dan politik, yang pada akhirnya menyulut reaksi ofensif dari tamu kita atau fans tetangga.”

Timnas Inggris, tidak akan diperkuat oleh sejumlah pemain andalan lantaran mengalami cedera. Steven Gerrad mengalami cedera bahu, Andy Carroll (cedera tumit), Jack Wilshere (cedera engkel), Tom Cleverley (cedera betis). Sementara, Los Angeles Galaxy telah mengijinkan striker Robbie Keane bergabung bersama skuad Irlandia.

“Laga ini penting bagi saya untuk melihat kemampuan para pemain sebagai persiapan kami menghadapi empat laga kualifikasi mendatang,” kata Hodgson sebagaimana dikutip dari situs BBC.

“Pertandingan ini menjadi bagian dari perayaan 150 tahun FA dan merupakan laga persahabatan, meskipun tidak juga ada catatan penting bagi saya,” katanya.

Manajer Irlandia, Giovanni Trapattoni tetap memanggil Keane, striker berusia 32 tahun yang telah membela timnas irlandia dalam 123 laga.

Keane tidak akan ditemani oleh striker Kevin Doyle yang sedang dibekap cedera achilles, Anthony Pilkington (cedera lutut) dan gelandang Paul Green (cedera hamstring).

Pelatih asal Italia itu kemudian memotivasi para pemainnya untuk memberi perlawanan kepada Inggris yang disesaki sejumlah pemain bintang.

“Kami akan menunjukkan kepada mereka bahwa kami tim yang padu, ini sangat penting,” kata Trapattoni. “Semua itu menjadi pemicu bagi saya, bahwa mereka bakal tampil begitu bersemangat.”

“Inggris memang tanpa Steven Gerrard, Andy Caroll yang juga absen, tetapi mereka tampil sebagai tim yang kuat. Mereka punya pemain lain, seperti Jermain Defoe, Wayne Rooney, Daniel Sturridge, Danny Welbeck. Hodgson cukup punya pemain ofensif. Saya percaya diri karena tim ini telah memberi saya kepercayaan penuh,” katanya.

Hodgson, mengatakan ban kapten akan dikenakan oleh pemain Manchester United (MU) Wayne Rooney atau pemain Chelsea Frank Lampard, mengingat Garrard absen.

Prakiraan susunan pemain
Inggris (4-4-2):
Hart (penjaga gawang), Johnson, Cahill, Jagielka, Cole, Walcott, Carrick, Lampard, Milner, Rooney, Sturridge

Republik Irlandia (4-4-2):
Forde (penjaga gawang), Coleman, O’Shea, St Ledger, Kelly, Walters, McCarthy, Whelan, McGeady, Keane, Long

Pemain andalan kedua tim:
Daniel Sturridge (Inggris)
Posisi: Striker
Nomor punggung:     23

Pemain berusia 23 tahun ini membela Liverpool sejak Januari. Sebagai striker, kiprahnya bersama The Reds terbilang kinclong. Kini ia dipercaya membela timnas. Laga melawan Irlandia membuka jalan menuju laga internasional selanjutnya melawan San Marino.

James McCarthy (Republik Irlandia)
Posisi: gelandang
Nomor punggung:     0

Gelandang Wigan ini menjadi pemain salah satu pemain andalan klubnya. Ia punya andil relatif besar bagi klubnya di ajang Piala FA musim ini. Namanya bakal bersinar di Liga Inggris (Premier League). Penampilan pemain berusia 22 tahun itu akan membuat publik Inggris terkesan sebelum jendela transfer ditutup pada Juli.

* The Three Lions tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir di Wembley, mencakup kemenangan atas Belgia, Italia dan Brazil.

* Ada tujuh pemain kelahiran Inggris dalam skuad asuhan Trapattoni

Prediksi hasil pertandingan (Goal.com)

* Inggris 3-1 Republik Irlandia (14,45 persen)
* Inggris 2-0 Republik Irlandia (11 persen)
* Inggris 3-0 Republik Irlandia (10,68 persen)

Lima pertandingan terakhir

Inggris
26 Mar 2013    Montenegro 1 – Inggris 1
22 Mar 2013    San Marino 0 – Inggris 8
6 Feb 2013    England 2 – Brazil 1
14 Nov 2012    Swedia 4 – Inggris 2
17 Oct 2012    Polandia 1 – Inggris 1

Republik Irlandia
26 Mar 2013    Republik Irlandia 2 – Austria 2
22 Mar 2013    Swedia 0 – Republik Irlandia 0
6 Feb 2013    Republik Irlandia 2 – Polandia 0
14 Nov 2012    Republik Irlandia 0 – Yunani 1
16 Oct 2012    Faroe Islands 1 – Republik Irlandia 4

Narasi laga

Irlandia berjuang membuktikan diri sebagai tim yang pantang menyerah di bawah asuhan Trapattoni, sementara Inggris bakal menyerap bara magis dari Wembley apalagi pertandingan ini dibumbui oleh satu selebrasi bersejarah dari sejarah sepak bola mereka.

Prediksi Editor
England 2
Republik Irlandia 1

(antara/k29/yri)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>