TRANSFER PEMAIN: David Luiz Gabung Barcelona

David Luiz (reuters) David Luiz (reuters)

JAKARTA–Pemain belakang Chelsea asal Brasil, David Luiz –kelahiran Diadema, Sao Paulo, Brasil pada 22 April 1987, dijual ke juara La Liga Barcelona dengan harga 30 juta pound (US$45,80 juta), demikian laporan Daily Star yang dikutip Bloomberg, Senin (3/6/2013).

Jose Mourinho, yang kembali menjadi pelatih Chelsea setelah meninggalkan Real Madrid, mengatakan dirinya tidak melihat Luiz pas dengan “regimented” gayanya, tulis Star.

Barcelona kini juga mengincar kiper Liverpool, Pepe Reina. Liverpool pun mengincar kiper Sunderland asal Belgia, Simon Mignolet jika Pepe Reina pindah ke Barcelona, demikian tulis the Guardian.

Davd Luiz, adalah pernah bermain untuk Vitoria dan Benfica sebelum bergabung dengan Chelsea pada Januari 2011. Bersama Benfica ia berhasil meraih gelar juara Super Liga Portugal dan Taça da Liga. Bersama Chelsea, ia berhasil meraih gelar juara Piala FA dan Liga Champions pada musim keduanya. David Luiz memperkuat timnas Brasil sejak 2010 dan telah mencatatkan 11 kali penampilan hingga April 2012.

Pada 31 Januari 2011, David Luiz bergabung ke Chlesea dari Benfica dengan biaya transfer €25 juta ditambah Nemanja Matic bergabung ke Benfica pada akhir musim 2010–11 sesudah habis masa peminjamannya di Vitesse. Luiz kemudian menandatangani kontrak berdurasi lima setengah tahun.

Ia kemudian melakukan debut Liga Primer Inggris ketika masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Jose Bosingwa saat kekalahan kandang 0–1 dari Liverpool pada 6 Februari 2011. Pada 14 Februari, David Luiz tampil dari menit awal saat Chelsea imbang (0–0) melawan Fulham di Craven Cottage. Ia lantas mendapat penghargaan Barclays Man of the Match sesudah pertandingan tersebut.

David Luiz mencetak gol liga perdananya saat kemenangan kandang 2–1 atas Manchester United pada 1 Maret 2011.Pada 20 Maret, dia mencetak gol liga keduanya saat kemenangan kandang 2–0 atas Manchester City. Ia menerima penghargaan Man of the Match untuk pertandingan tersebut. Pada 1 April 2011, David Luiz menerima penghargaan Barclay’s Player of the Month (Pemain Terbaik Bulanan) Maret 2011.(Bloomberg/JIBI/k29/yri)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>