TENIS: Mayer Juara di Babak Awal Piala Rogers

MONTREAL–Pemain Jerman Florian Mayer mulai menunjukkan kemampuannya ketika mengalahkan pemain muda dari Australia Bernard Tomic pada putaran pertama turnamen tenis Piala Rogers di Montreal, Senin waktu setempat.

Mayer, peringkat ke-50 dunia, sempat kecolongan satu set sebelum memenangi pertandingan 5-7 6-3 6-3, ketika turnamen Masters untuk keenam kalinya itu dimulai di bawah kondisi hangat dihiasi langit biru.

Tomic – yang tampil kurang konsisten dalam beberapa bulan ini sejak ATP melarang ayahnya yang juga pelatihnya, John, mengikutinya, karena mengasari latihan mitranya Bernard pada Mei lalu – mengawali permainan dengan brilian, terlebih ketika melancarkan servis serta pukulan “ground strokes” amat akurat.

Tetapi Mayer, bermain pertama kali di lapangan keras sejak Maret lalu, memanfaatkan beberapa kesalahan Tomic pada awal permainan, termasuk pada awal set kedua, sedangkan pukulan “backhand” keras yang dilancarkannya kerap membuat Tomic kelabakan ketika akan mengembalikannya.

Pemain berusia 29 tahun dari Jerman itu, hanya mengalami satu kegagalan servis ketika menyamai kedudukan dan mengulangnya pada set penentu yang ketiga, ketika ia memenangi laga dalam waktu satu jam 37 menit.

“Saya kehilangan peluang saya. Saya kurang fokus pada awal set kedua sehingga lawan saya mengambil alih peranan permainan,” kata Tomic, “Saya kehilangan konsentrasi dan bermain buruk.” Mayer selanjutnya akan bertemu dengan unggulan utama dan juara bertahan Novak Djokovic pada putaran kedua.

Pemain dari Latvia Ernests Gulbis begabung dengan Mayer ke putaran 32 besar setelah menang 7-6 6-4 atas pemain kidal dari Spanyol, Feliciano Lopez.

Gulbis yang sudah lama disebut-sebut berpotensi masuk ke peringkat 10 besar dunia, unggul pada “tie-breaker” set pertama atas mantan pemain nomor 15 dunia itu, sebelum mengakhiri kerjanya di set kedua dan ia berpotensi berhadapan dengan juara Wimbledon Andy Murray pada putaran ketiga.

Pemain dari Kroasia, Ivan Dodig, yang mengalahkan Rafael Nadal pada putaran kedua turnamen sama dua tahun lalu, mengalahkan pemain dari Slovenia Grega Zemlja 6-1 6-1 dan pada putaran kedua akan bertemu dengan unggulan keenam Juan Martin Del Potro.

Del Potro mengalahkan petenis jangkung dari Amerika John Isner, ketika memenangi gelar juara Washington Terbuka akhir minggu lalu.(Antara/k29/yri)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>