Argentina Tunggu Kepastian Piala Dunia di Brazil

BUENOS AIRES–Kiper Sergio Romero melanjutkan debut internasionalnya dengan mengejar rekor 26 tak kebobolan saat Argentina bertamu ke Paraguay demi memastikan tiket mereka ke Piala Dunia Kamis waktu setempat mendatang.

Kolombia, yang sama dengan Argentina mengemas 26 poin di puncak klasemen sementara Grup Amerika Selatan, juga bisa memastikan tiket ke putaran final di Brazil tahun depan jika bermain seri melawan Uruguay di Centenario, Montevideo, Rabu lusa.

Bersama peringkat ketiga Chile, yang mendapat satu bye, tiga peringkat tertinggi terjamin langkahnya, setidaknya masuk babak playoff melawan satu wakil Asia.

Romero yang memulai debutnya dengan kalah 0-1 di Asuncion ketika masih ditangani Diego Maradona saat menuju putaran final 2010 di Afrika Selatan, tengah memburu rekor 26 pertandingan tak kebobolan yang dipegang Sergio Goycochea.

“Goyco” yang juga punya spesialisasi penendang penalti, tidak pernah kebobolan sejak Argentina kalah pada Piala Dunia 1990 di Roma sampai kekalahan 1-2 Argentina dari Kolombia dalam babak prakualifikasi Piala Dunia Agustus 1993.

Romero kembali masuk tim bersama kapten Lionel Messi dan striker Sergio Aguero setelah ketiganya tidak tampil saat kalah 1-2 dalam laga persahabatan melawan Italia di Roma bulan lalu.

Kemenangan akan memastikan jalan Argentina ke putaran final di Brazil dan akan bermain di stadion Defensores del Chaco Kamis 8.40 WIB nanti.

Kemenangan itu juga akan memastikan Argentina bisa memuncaki empat besar yang berhak lolos ke Piala Dunia Brazil, sedangkan tim peringkat lima, yang saat ini dihuni Uruguay, akan menjalani pertandingan playoff melawan wakil Asia yang menjadi pemenang antara Uzbekistan atau Yordania.

Pelatih Alejandro Sabella berkesempatan lagi menguji daya tahan timnya yang tak diperkuat empat pemain inti dan bek kiri Marcos Rojo yang terkena cedera.

Keempat pemain yang tak bisa memperkuat karena terkena larangan bermain ini adalah striker Gonzalo Higuain, gelandang Javier Mascherano, bek tengah Ezequiel Garay dan Federico Fernandez yang mendapat akumulasi kartu kuning.

“Melawan Bolivia (Maret lalu), juga banyak perubahan dan kami berhasil. Cara tim ini berfungsi adalah selalu sama,” kata Romero seperti dikutip Reuters.

Namun Sabella beruntung bisa diperkuat lagi Fernando Gago yang posisinya sebagai pemain tengah membuat Messi bisa bebas bermanuver.

Sementara itu, Venezuela, yang tak pernah bisa lolos ke putaran final, dan Peru yang terakhir kali berpartisipasi pada Piala Dunia 1982 di Spanyol, akan bertarung di Puerto La Cruz dengan keduanya berusaha menang agar bisa memelihara asa ke Brazil.(Antara/k29)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>