Bulu Tangkis: Ana Rovita Harus Lolos Kualifikasi di Belgia

KUDUS–Tunggal putri Indonesia asal PB Djarum Kudus Ana Rovita harus melalui babak kualifikasi pada kejuaraan bulu tangkis Yonex Belgian International, 11–14 September 2013, meskipun yang bersangkutan baru saja menjadi finalis pada Babolat Kharkov International di Ukraina.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Senin, mengatakan bahwa peringkat dunia Ana Rovita turun jauh karena jarang mengikuti kejuaraan bulu tangkis internasional.

“Peringkat Ana Rovita ‘drop’ sehingga yang bersangkutan harus melalui babak kualifikasi di Belgia,” katanya menegaskan.

Pada babak pertama Ana Rovita akan menghadapi tunggal putri Prancis Maria Batumene. Kalau menang, akan menghadapi pemenang antara unggulan keempat Katerina Tornalova (Republik Ceko) melawan Bergstein Iben (Denmark).

Selain Ana Rovita, pemain Djarum Kudus yang harus melalui babak kualifikasi adalah Sylvina Kurniawan yang pada babak pertama akan menghadapi pemain Taiwan Yu Cgien Hui. Jika menang, akan menghadapi pemenang antara unggulan pertama Marie Derny (Belgia) melawan Laura Wich (Jerman).

Kemudian, Dinar Ayu Ayustine juga dari Djarum Kudus harus melalui babak kualifikasi dengan menghadapi tunggal putri Jerman Hannag Pohl di babak pertama. Jika menang, akan bertemu pemenang antara Lea Palermo (Prancis) melawan Evgeniya Kosetskaya (Rusia) di babak kedua.

Pada nomor tunggal putra pemain pelatnas asal Djarum Kudus Muhammad Bayu Pangestu juga harus melalui babak kualifikasi dengan menantang unggulan kelima dari Pranis Marin Baumann di babak pertama. Jika menang akan menghadapi pemenang antara Ihsan Maulana Mustofa (Indonesia/Djarum) melawan Andrey Parokhodin (Rusia).

Sementara itu, juara Babolat Kharkov International di Ukraina 2013, Febby Angguni langsung lolos ke babak utama pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 15 ribu dolar Amerika Serikat. Pada babak pertama Febbu akan menghadapi tunggal putri Swedia Ellinor Widh.

Jika menang, dia akan bertemu pemenang antara Sarah Walker (Inggris) melawan pemain yang lolos dari kualifikasi pada babak kedua.

Pada nomor tunggal putra, pemain senior Djarum Kudus Andre Kurniawan tedjono menempati unggulan keenam pada kejuaraan ini. Pada babak pertama akan menghadapi pemain yang lolos kualifikasi.

Jika menang, dia akan bertemu pemenang antara Erik Mejjs (Belanda) melawan Raul Must (Estonia).

“Andre Kurniawan sekarang ini memang bermukim di Jerman karena memang dikontrak salah satu klub bulu tangkis di sana sehingga yang bersangkutan menyisir kejuaraan di wilayah Eropa,” kata Yoppy Rosimin.

Sementara itu, pada nomor ganda putra, semifinalis Babolat Kharkov International Ukraina Andrei Adistia/Didit Juang langsung melenggang ke babak utama.

Pada babak pertama mereka akan menghadapi pasangan yang lolos dari babak kualifikasi. Jika menang, akan bertemu pasangan yang lolos dari kualifikasi pada babak kedua.

Pada kejuaraan bulu tangkis di Belgia ini PB Djarum Kudus menerjunkan Andre Kurniawan Tedjono, Muhammad Bayu Pangestu, dan Ihsan Maulana Mustofa (Tunggal putra), kemudian Febby Angguni, Ana Rovita, Dinar Dyah Ayustine, dan Sylvuna Kurniawan (Tunggal putra) serta pasangan Andrei Adistia/Didit Juang (ganda putra).

Selain mereka, Indonesia juga menurunkan Jonathan Christe, Fikri Ikshandi (tunggal putra), dan Josephine Leonila (tunggal putri).(Antara/k29)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>