Rodman Sebut Kim Jong Un Miliki Seorang Putri

PYONGYANG–Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menamai bayi perempuannya Ju Ae, menurut mantan bintang NBA Dennis Rodman, yang melabeli sosok otoriter itu sebagai “ayah yang baik.” Rodman, yang menyebut Kim sebagai seorang teman dan baru kembali dari kunjungan keduanya ke Pyongyang, berkata kepada harian Guardian bahwa ia menghabiskan “waktu bersantai di laut dengan keluarga sang pemimpin” selama lawatan lima harinya itu.

“Saya menggendong bayi Ju Ae dan bercakap-cakap dengan (istri Kim). Ia adalah ayah yang baik dan keluarga yang menyenangkan,” kata Rodman.

Meski lebih terbuka kepada publik dibandingkan ayahnya, Kim Jong Il, hanya sedikit yang dapat diketahui mengenai kehidupan pribadi Kim. Bahkan usianya sendiri masih belum jelas, di mana sejumlah laporan menyebut ia berusia sekitar 29 sampai 31 tahun.

Fakta bahwa ia telah menikah baru terungkap pada Juli tahun lalu, ketika terdapat foto-foto seorang perempuan muda bersama sang pemimpin baru di acara-acara resmi.

Perhatian terhadap anaknya mulai muncul setelah terdapat gambar-gambar di televisi negara pada Desember yang memperlihatkan istrinya, Ri Sol Ju, yang terlihat sedang hamil besar.

Tidak ada konfirmasi resmi mengenai kelahiran sang anak, namun Rodman berkomentar setelah kunjungan pertamanya di Pyongyang enam bulan lalu bahwa Ri kerap membicarakan bayi perempuannya.

Terdapat laporan-laporan yang tidak terkonfirmasi bahwa pasangan ini telah memiliki satu anak.

Kim merupakan pemimpin generasi ketiga dari dinasti yang berkuasa, yang dimulai oleh kakeknya Kim Il Sung dan diikuti mendiang ayahnya Kim Jong Il.

Pada negera dengan masyarakat penuh hirarki dan konservatif seperti Korut, banyak pengamat mengatakan hampir tidak ada peluang terjadi suksesi kepemimpinan yang diteruskan dengan dipegangnya pucuk pimpinan oleh anak perempuan.

Rodman dijadwalkan mengadakan konferensi pers pada Senin malam di New York.

Mantan pemain Chicago Bulls yang flamboyan ini berkata kepada Guardian bahwa ia dan Kim telah mendiskusikan rencana-rencana untuk memainkan “pertandingan persahabatan bola basket yang bersejarah” antara Korut dan AS.(Antara/k29)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>